Bagaimana
cara menyelesaikan Operasi Hitung bilangan Bulat ?
soal perkalian dan pembagian bilangan
negative dan bilangan positif pada persamaan matematika untuk anak SD /Madrasah.
Admin memberikan tip-tip mudah sehingga siswa lebih mudah
mengerti dan memahami soal soal yang
rumit sekalipun. Apabila soal tersebut dapat dipahami dengan baik maka akan
dapat diselesaikan dengan cara mudah.
Admin menerangkan dengan contoh yang
sederhan dengan menggunakan kontanta (angka-angka) agar lebih mudah dipahami.
Berikut contoh soal dan penyelesaiannya :
2 + 3 = 5 =======> angka
angka ditambahkan seperti biasa
2 – 3 =
-1 ======> angka terbesar adalah angka
-3 dan terkecil adalah angka +2
- 3
+ 2
_________ __
- 1
|
-2 + 3 = 1
====> angka terbesar adalah angka
3 dan terkecil adalah angka negative 2 (-2)
+
3
- 2
_____ _
1
|
-2 – 3 = - 5 ====> angka
terbesar adalah angka -3 (negative 3)
dan terkecil adalah negative 2 (-2)
-
3
-
2
----- +
-5
|
PERLU DI INGAT
|
Harus diketahui bahwa perkalian dan
pembagian :
Begitu juga dengan operasi pembagian juga
memiliki hasil yang sama dengan perkalian.
Misal : 2 x -3 = -6 ===> karena nilai 2 bernilai positif dan nilai -3 Negative maka menghasilkan perkalian dengan nilai -6 (negative 6)
Contoh soal :
1. Hasil dari(- 6 x (-3)) + (- 8 : 2) adalah
A. – 22 C. 14
B. – 14 D. 22
PENYELESAIANNYA :
|
jika ada operasi perkalian atau pembagian
dan tambahan atau pengurangan maka didahulukan operasi perkalian atau tambahan.
2.
Hasil dari 35 + 8 x (-6) = ….
A. 25 C. 13
B. 20 D. -13
3. (-72) – (-8) : (-4) + 50 × 2
= . . . .
a. 132 c.
-8
b. 26 d. -18
4.
Hasil dari 40 x 5 – 28 + (-55) : (-11) = . . . .
a. 272 c. 106
b. 177 d. -213
5. Hasil dari 24 + (−60 ) : (3 x 4) adalah
... .
A. 29
C.
−3
B. 19
D.
−19
6.Hasil dari -25 + 39 x (-8) adalah
a. 337 c.
– 287
b. 287 d.
– 337
7. 825 + ( -136 ) – ( 26 x 4 ) = …..
a. 585 c.
485
b. 558 d.
458
8.
-17 – 25 + (-24) = ….
A. – 66 C.
42
B. – 42 D.
66
9. Hasil dari 28 x (-43) : (-4) = ….
A. -1.204 C.
301
B. -301 D.
1.204
10. Hasil dari 35 ×
(–46 + 50) – (–60) : 15 adalah . . . .
A. –144 C. 51
B. –51 D.
144
11. 125 x (-4) : ( 5 x 10) =
a. 5 c.
10
c. -10 d.
-5
12. (-12) x (-8) + 80 +(-120) =
a. 46 c.
64
b. – 56 d.
-46
13. ( 12 x 25 ) – 28 + 125 =
a. 237 c.
397
b. 387 d.
367
14. ( - 19 ) – ( - 47 ) + ( - 35 ) =
a. 101 c.
– 101
b. 7 d. – 7
15.
( - 23 ) – 15 + 9 =
a. – 29 c.
17
b. – 17 d. 29
Semoga contoh soal ini dapat membantu melatih
kemampuan .
untuk mempermudah dan melatih
pembelajaran tersebut. Selamat mencoba semoga sukses pada ujian UTS dan UAS
mendatang.
Dan ikuti pembahasan yang lain, Ikuti dan
sukai halaman ini…. Thanks