Jumlah Soal terdiri dari 50 Soal dengan komposisi 90% pilihan Ganda dan 5% Isian singkat. Berikut Kisi kisi nya adalah
Kisi-Kisi USBN SD/MI 2018 Irisan
Kurikulum 2006 dan Kurikulum 2013
1.
menentukan makna kata/istilah pada teks
2.
menentukan antonim/sinonim
3.
menggali informasi tersurat teks
4.
menentukan unsur teks (kalimat utama/penjelas)
5.
menentukan ide pokok teks
6.
menggali informasi tersirat teks
7.
menentukan pernyataan sesuai isi teks
8.
mengidentifikasi jenis teks
9.
memprediksi kejadian berdasarkan isi teks
10.
membandingkan isi teks
11.
melengkapi tabel dengan pokok-pokok pikiran
berdasarkan isi teks
12.
menentukan informasi tersurat pada karya sastra
13.
menentukan unsur intrinsik karya sastra (tokoh,
latar, watak tokoh)
14.
menentukan makna kata/simbol/kias
15.
menggali informasi tersirat dalam karya sastra
(menyimpulkan/ memaknai bagian teks )
16.
menentukan unsur intrinsik karya sastra
(konflik, amanat, tema)
17.
memprediksi kejadian berdasarkan isi cerita
18.
menentukan nilai-nilai cerita
19.
menentukan keteladanan tokoh cerita
20.
melengkapi kalimat/teks dengan
istilah/kata/ungkapan/peribahasa
21.
menyusun berbagai petunjuk (menggunakan/membuat
sesuatu)
22.
menyusun berbagai teks (deskripsi, narasi)
23.
melengkapi berbagai jenis teks (laporan, iklan,
pidato)
24.
melengkapi kalimat/teks dengan kata bentukan
25.
memperbaiki penulisan/penggunaan istilah/kata
26.
memperbaiki tata kalimat dalam paragraf
27.
menunjukkan kesalahan penggunaan ejaan
28.
menunjukkan kesalahan penggunaan tanda baca
29.
menggunakan ejaan
30.
menggunaan tanda baca
31.
memperbaiki kesalahan penggunaan ejaan
32.
memperbaiki penggunaan kesalahan penggunaan
tanda baca
2. Kisi-Kisi Soal USBN SD/MI 2018 Mata Pelajaran
Matematika
a. Materi Bilangan
Indikator:
(1). Peserta didik dapat mengenal, memahami, dan megaplikasikan pengetahuan tentang:
operasi hitung bilangan cacah
a. Materi Bilangan
Indikator:
(1). Peserta didik dapat mengenal, memahami, dan megaplikasikan pengetahuan tentang:
operasi hitung bilangan cacah
·
operasi hitung bilang bulat
·
operasi hitung bilangan pangkat dua dan tiga,
akar pangkat dua dan tiga
·
KPK dan FPB
·
pecahan
·
perbandingan
(2). Peserta didik dapat menggunakan nalar yang berkaitan
dengan:
·
operasi hitung bilangan cacah
·
operasi hitung bilangan bulat
·
KPK dan FPB
·
pecahan
·
perbandingan
b. Materi Geometri dan Pengukuran
Indikator:
(1). Peserta didik dapat mengenal, memahami, dan mengaplikasikan pengetahuan tentang:
Indikator:
(1). Peserta didik dapat mengenal, memahami, dan mengaplikasikan pengetahuan tentang:
·
satuan ukuran kuantitas, satuan berat, satuan
panjang, satuan waktu, satuan volum
·
waktu, jarak, dan kecepatan
·
keliling dan luas segiempat
·
keliling dan luas lingkaran
·
sifat-sifat bangun datar
·
sifat-sifat bangun ruang
·
koordinat Kartesius
·
simetri dan pencerminan
(2). Peserta didik dapat menggunakan nalar yang berkaitan
dengan:
·
satuan ukuran
·
waktu, jarak, dan kecepatan
·
keliling dan luas segiempat
·
keliling dan luas lingkaran
·
luas permukaan kubus, balok, dan tabung
·
volume kubus, balok, dan tabung
c. Materi Pengolahan Data
Indikator:
(1). Peserta didik dapat mengenal, memahami, dan mengapilkasikan pengetahuan tentang:
·
penyajian data dalam bentuk tabel, diagram
batang, dan diagram lingkaran
·
rata-rata hitung dan modus
(2). Peserta didik dapat menggunakan nalar yang berkaitan
dengan:
·
penyajian data dalam bentuk tabel, diagram
batang, dan diagram lingkaran
·
rata-rata hitung dan modus
3. Kisi-Kisi Soal USBN SD/MI 2018 Mata Pelajaran IPA Kurikulum 2006 Irisan Kurikulum 2013
a. Materi Makhluk Hidup dan Lingkungannya
Indikator:
(1). Peserta didik mampu memahami pengetahuan tentang:
Indikator:
(1). Peserta didik mampu memahami pengetahuan tentang:
·
hubungan antar makhluk hidup dengan
lingkungannya
·
penyesuaian diri makhluk hidup
·
pelestarian lingkungan
(2). Peserta didik mampu mengaplikasikan pengetahuan
tentang:
·
hubungan antar makhluk hidup dengan
lingkungannya
·
penyesuaian diri makhluk hidup
(3). Peserta didik mampu menggunakan nalar berkaitan
dengan:
·
hubungan antar makhluk hidup
·
upaya manusia dalam pelestarian lingkungan
b. Materi Struktur dan Fungsi Makhluk Hidup
Indikator:
(1). Peserta didik mampu memahami pengetahuan tentang:
·
bagian tubuh tumbuhan/hewan dan fungsinya
·
daur hidup hewan
·
alat gerak dan fungsinya
·
sistem pernapasan pada manusia/hewan
·
sistem pencernaan pada manusia
·
sistem peredaran darah pada manusia
·
perkembangbiakan makhluk hidup
·
perkembangan dan
·
pertumbuhan manusia
·
pemeliharaan kesehatan organ
(2). Peserta didik mampu mengaplikasikan pengetahuan
tentang:
·
daur hidup hewan
·
mekanisme sistem gerak
·
mekanisme sistem organ (pernapasan, pencernaan,
dan peredaran darah)
·
pemeliharaan kesehatan organ
(3). Peserta didik mampu menggunakan nalar berkaitan
dengan:
·
hubungan antara system organ dan gangguan yang
ditimbulkan
·
percobaan pada system organ
·
hubungan antara daur hidup/perkembangbiakan
dengan pelestarian makhluk hidup
c. Materi Benda dan Sifatnya
Indikator:
(1). Peserta didik mampu memahami dan mengaplikasikan pengetahuan tentang:
Indikator:
(1). Peserta didik mampu memahami dan mengaplikasikan pengetahuan tentang:
·
sifat benda
·
perubahan wujud benda
(2). Peserta didik mampu menggunakan nalar berkaitan
dengan:
·
perubahan wujud benda
d. Materi Energi dan Perubahannya
Indikator:
(1). Peserta didik mampu memahami dan mengaplikasikan pengetahuan tentang:
Indikator:
(1). Peserta didik mampu memahami dan mengaplikasikan pengetahuan tentang:
·
gaya dan gerak
·
bentuk energi dan perubahannya
·
suhu dan kalor
·
bunyi dan cahaya
·
listrik dan magnet
(2). Peserta didik mampu menggunakan nalar berkaitan
dengan:
·
gaya dan gerak
·
bentuk energi dan perubahannya
·
suhu dan kalor
·
bunyi dan cahaya
·
listrik dan magnet
e. Materi Bumi dan Alam Semesta
Indikator:
(1). Peserta didik mampu memahami dan mengaplikasikan pengetahuan tentang:
Indikator:
(1). Peserta didik mampu memahami dan mengaplikasikan pengetahuan tentang:
·
sumber daya alam
·
daur air
·
sistem tata surya
(2). Peserta didik mampu menggunakan nalar berkaitan
dengan:
·
sumber daya alam
·
daur air