KISI KISI UASBN 2018 ,MATEMATIKA, BAHASA INDONESIA, IPA SESUAI DENGAN IRISAN KTSP DAN K13

Admin menyampaikan Kisi-kisi uasbn SD untuk mata uji sesuai dengan Irisan Ktsp dan K13, Kisi kisi ini untuk pelajaran IPA, MATEMATIKA dan BAHASA INDONESIA,.

Jumlah Soal terdiri dari 50 Soal dengan komposisi 90% pilihan Ganda dan 5% Isian singkat. Berikut Kisi kisi nya adalah

Kisi-Kisi USBN SD/MI 2018 Irisan Kurikulum 2006 dan Kurikulum 2013

1.       menentukan makna kata/istilah pada teks
2.       menentukan antonim/sinonim
3.       menggali informasi tersurat teks
4.       menentukan unsur teks (kalimat utama/penjelas)
5.       menentukan ide pokok teks
6.       menggali informasi tersirat teks
7.       menentukan pernyataan sesuai isi teks
8.       mengidentifikasi jenis teks
9.       memprediksi kejadian berdasarkan isi teks
10.   membandingkan isi teks
11.   melengkapi tabel dengan pokok-pokok pikiran berdasarkan isi teks
12.   menentukan informasi tersurat pada karya sastra
13.   menentukan unsur intrinsik karya sastra (tokoh, latar, watak tokoh)
14.   menentukan makna kata/simbol/kias
15.   menggali informasi tersirat dalam karya sastra (menyimpulkan/ memaknai bagian teks )
16.   menentukan unsur intrinsik karya sastra (konflik, amanat, tema)
17.   memprediksi kejadian berdasarkan isi cerita
18.   menentukan nilai-nilai cerita
19.   menentukan keteladanan tokoh cerita
20.   melengkapi kalimat/teks dengan istilah/kata/ungkapan/peribahasa
21.   menyusun berbagai petunjuk (menggunakan/membuat sesuatu)
22.   menyusun berbagai teks (deskripsi, narasi)
23.   melengkapi berbagai jenis teks (laporan, iklan, pidato)
24.   melengkapi kalimat/teks dengan kata bentukan
25.   memperbaiki penulisan/penggunaan istilah/kata
26.   memperbaiki tata kalimat dalam paragraf
27.   menunjukkan kesalahan penggunaan ejaan
28.   menunjukkan kesalahan penggunaan tanda baca
29.   menggunakan ejaan
30.   menggunaan tanda baca
31.   memperbaiki kesalahan penggunaan ejaan
32.   memperbaiki penggunaan kesalahan penggunaan tanda baca

2. Kisi-Kisi Soal USBN SD/MI 2018 Mata Pelajaran Matematika

a. Materi Bilangan

Indikator:
(1). Peserta didik dapat mengenal, memahami, dan megaplikasikan pengetahuan tentang:

operasi hitung bilangan cacah
·         operasi hitung bilang bulat
·         operasi hitung bilangan pangkat dua dan tiga, akar pangkat dua dan tiga
·         KPK dan FPB
·         pecahan
·         perbandingan
(2). Peserta didik dapat menggunakan nalar yang berkaitan dengan:

·         operasi hitung bilangan cacah
·         operasi hitung bilangan bulat
·         KPK dan FPB
·         pecahan
·         perbandingan
b. Materi Geometri dan Pengukuran

Indikator:

(1). Peserta didik dapat mengenal, memahami, dan mengaplikasikan pengetahuan tentang:

·         satuan ukuran kuantitas, satuan berat, satuan panjang, satuan waktu, satuan volum
·         waktu, jarak, dan kecepatan
·         keliling dan luas segiempat
·         keliling dan luas lingkaran
·         sifat-sifat bangun datar
·         sifat-sifat bangun ruang
·         koordinat Kartesius
·         simetri dan pencerminan
(2). Peserta didik dapat menggunakan nalar yang berkaitan dengan:

·         satuan ukuran
·         waktu, jarak, dan kecepatan
·         keliling dan luas segiempat
·         keliling dan luas lingkaran
·         luas permukaan kubus, balok, dan tabung
·         volume kubus, balok, dan tabung

c. Materi Pengolahan Data

Indikator:
(1). Peserta didik dapat mengenal, memahami, dan mengapilkasikan pengetahuan tentang:

·         penyajian data dalam bentuk tabel, diagram batang, dan diagram lingkaran
·         rata-rata hitung dan modus
(2). Peserta didik dapat menggunakan nalar yang berkaitan dengan:

·         penyajian data dalam bentuk tabel, diagram batang, dan diagram lingkaran
·         rata-rata hitung dan modus

3. Kisi-Kisi Soal USBN SD/MI 2018 Mata Pelajaran IPA Kurikulum 2006 Irisan Kurikulum 2013

a. Materi Makhluk Hidup dan Lingkungannya

Indikator:
(1). Peserta didik mampu memahami pengetahuan tentang:

·         hubungan antar makhluk hidup dengan lingkungannya
·         penyesuaian diri makhluk hidup
·         pelestarian lingkungan
(2). Peserta didik mampu mengaplikasikan pengetahuan tentang:

·         hubungan antar makhluk hidup dengan lingkungannya
·         penyesuaian diri makhluk hidup
(3). Peserta didik mampu menggunakan nalar berkaitan dengan:

·         hubungan antar makhluk hidup
·         upaya manusia dalam pelestarian lingkungan

b. Materi Struktur dan Fungsi Makhluk Hidup

Indikator:


(1). Peserta didik mampu memahami pengetahuan tentang:

·         bagian tubuh tumbuhan/hewan dan fungsinya
·         daur hidup hewan
·         alat gerak dan fungsinya
·         sistem pernapasan pada manusia/hewan
·         sistem pencernaan pada manusia
·         sistem peredaran darah pada manusia
·         perkembangbiakan makhluk hidup
·         perkembangan dan
·         pertumbuhan manusia
·         pemeliharaan kesehatan organ
(2). Peserta didik mampu mengaplikasikan pengetahuan tentang:

·         daur hidup hewan
·         mekanisme sistem gerak
·         mekanisme sistem organ (pernapasan, pencernaan, dan peredaran darah)
·         pemeliharaan kesehatan organ
(3). Peserta didik mampu menggunakan nalar berkaitan dengan:

·         hubungan antara system organ dan gangguan yang ditimbulkan
·         percobaan pada system organ 
·         hubungan antara daur hidup/perkembangbiakan dengan pelestarian makhluk hidup
c. Materi Benda dan Sifatnya

Indikator:


(1). Peserta didik mampu memahami dan mengaplikasikan pengetahuan tentang:

·         sifat benda
·         perubahan wujud benda
(2). Peserta didik mampu menggunakan nalar berkaitan dengan:

·         perubahan wujud benda
d. Materi Energi dan Perubahannya

Indikator:


(1). Peserta didik mampu memahami dan mengaplikasikan pengetahuan tentang:

·         gaya dan gerak
·         bentuk energi dan perubahannya
·         suhu dan kalor
·         bunyi dan cahaya
·         listrik dan magnet
(2). Peserta didik mampu menggunakan nalar berkaitan dengan:

·         gaya dan gerak
·         bentuk energi dan perubahannya
·         suhu dan kalor
·         bunyi dan cahaya
·         listrik dan magnet
e. Materi Bumi dan Alam Semesta

Indikator:


(1). Peserta didik mampu memahami dan mengaplikasikan pengetahuan tentang:

·         sumber daya alam
·         daur air
·         sistem tata surya
(2). Peserta didik mampu menggunakan nalar berkaitan dengan:

·         sumber daya alam
·         daur air