MEMBIMBING ANAK MEMBACA UNTUK TK, SD DAN PAUD

Assalamu'alaikum Wr.wb.
 Sedikit berbagi TIPS dari pengalaman saya mengajar LES bagi anak-anak umur 3-6 tahun atau anak yang masih duduk di PAUD,TK.

Terkadang anak-anak kita masih belum mengenal huruf-huruf Alpabhet, dan juga belum dapat memegang alat tulis dengan baik.

Beberapa cara banyak dilakukan oleh pembimbing disekolah tetapi memiliki hasil yang begitu minim dan belum begitu memuaskan bagi bunda.

1. Melatih anak memegang alat tulis dengan benar dengan menggunakan tangan kanan, tetapi untuk menguatkan tangan dilatih dengan membiasakan bermain gunting-guntingan untuk memotong kertas. hal ini berguna untuk melatih otot -otot jari dan pergelangan tangan ketika anak menulis.

2. melatih anak anak menulis Huruf --huruf dari A sampai Z,, Jika anak tersebut belum mengenal huruf sama sekali maka diajarka menulis huruf dengan panduan huruf berupa Titik-titik yang membentuk huruf bayang, sehingga sang anak dapat meneruskan dan menerangkan huruf menjadi huruf yang sempurna, pada tahapan ini biasanya anak-anak mengalami kesulitan karena terbiasa mengunakan alat tulis hanya untuk mencoret-coret buku, kertas dan dinding rumah. dan ketika menulis dikertas dengan panduan garis putus-putus akan menyulitkan bagi sang anak. kebiasaan ini tidak akan belangsung lama karena jika rutin dilakukan maka sang anak akan terbiasa.

setelah sang anak menulis huruf dari A sampai Z maka sang anak sudah mengenal huruf huruf tersebut dan dapat mengucapkan nama nama huruf dengan baik.

3. Jika anak anak sudah dapat menyebutkan huruf satu persatu maka dilanjutkan dengan membaca dua huruf dengan tidak mengeja seperti ba di baca ba  dengan tidak dipisah, seperti Be dan a dibaca Ba, karena anak akan mengalami kesulitan menyambung huruf ketika harus di eja. hal ini dilakukan secara berulang ulang dan banyak memakan waktu yang cukup lama untuk menghabiskan semua huruf, pada tahap ini sangat membutuhkan kesabaran dan ketelitian serta daya ingat anak terhadap huruf huruf yang akan di baca. jika seorang anak yang serius akan memakan waktu sekitar dua bulan atau lebih. Pada tahap ini   berdasarkan pengalaman admin anak didik terlihat perbedaan kecerdasan, ada yang lupa dengan hurupnya kurang konsentrasi, terganggu dengan lingkungan,  jika dibaca sesering mungkin, mudah-mudahan dapat lancar.
Jenis teks setiap anak berbeda tergantung dari daya ingat anak terhadap huruf yang di hapal oleh anak tersebut.

4. Menyalin tulisan di papan tulis yang terdiri dari 15 kata sampai 25 kata, sehingga sambil menulis anak dapat mengetahui huruf -huruf dan membaca tulisan yang disalin akan memudahkan daya ingat. Tulisan yang sederhana untuk disalin dan dikenali olah anak seperti nama-nama buah yang dirangkai dengan kalimat, lagu-lagu anak, nama nama angka, atau hal hal yang terbiasa didengar oleh telinga anak tersebut.

5. Anak-anak yang sudah lancar membaca dan masih terlupa satu atau dua hurup dapat di coba membaca kalimat kalimat yang pendek terdiri dari 4 sampai 6 hurup perkata, dan terdiri dari 20-30 kalimat. jika lancar tanpa salah maka sang anak sudah dapat membaca.

sampai disini admin memberikan tip membaca bagi si buah hati kita  . InsyaAllah anak anak dapat membaca dengan lancar. karena jika masa sekolah dasar kelas 1, para siswa sudah membaca dengan lancar seperti teman-temannya.
Dari pengalaman Admin, Anak umur 4-6 tahun lebih mudah diajar membaca dan berhitung di bandingkan dengan anak yang terlambat atau sudah bersekolah tetapi belum dapat membaca. dan jika dibiarkan oleh orangtua maka anak akan merasa minder dan malu terhadap teman temanya yang akhirnya akan mempengaruhi prestasi disekolah.