tips meningkatkan prestasi si buah HATI

 Setiap orang tua tentu mendambakan anak anak yang memiliki prestasi yang membanggakan, anak yang cerdas dan memahami soal, prestasi anakdisekolah dan diluar sekolah akan dapat membangkitkan gairah dan semangat anak untuk belajar dengan tekun, 
Beberapa Tips bagi Orang tua agar anak kita bersemangat untuk membaca dan belajar .
1. Memberikan Kasih sayang

Seorang anak yang mendapatkan kasih sayang dirumah,, dapat membangkitkan gairah belajar. Hal tersebut dapat merangsang perkembangan otak. Lingkungan rumah (internal) menjadi kunci agar anak tersebut memiliki rasa dan ekspresi terhadap pelajaran sekolah.
Perhatian juga kepada Orang tua terhadap anaknya adalah dengan tidak memberikan mainan yang bersifat instan (game game on line) yang banyak menjadi kasus kasus penyebab terbanyak seorang anak menjadi Malas, penyendiri, anti Sosial.
Beberapa kasus yang terjadi seorang anak bermain game online melalui smartphone,  hal ini karena orang tua yang sibuk dengan pekerjaan, tidak mau terganggu dengan aktivitas anak dirumah, yang berakibat anak tersebut tidak memiliki keinginan untuk belajar. Bahkan cenderung mengalami depresi ketika dianjurkan untuk tidak bermain game.
2. Melatih kemampuan berinteraksi
Interaksi sosial anak sangat di butuhkan dan menjadi rutinitas wajib bagi bunda, baik dilingkungan rumah (internal) maupun eksternal. Agar anak mampu memahami komunikasi dengan baik. Anak akan terbiasa memperlihatkan respon komunikasi terhadap lingkungan.
Lingkungan yang baik bagi anak adalah lingkungan yang berbasis kepada keluarga yang agamis akan mendidik jiwa anak yang sopan santun, dan taat beribadah, sehingga prilaku anak dirumah dapat terbawa keluar yang menjadi contoh ketika berinteraksi di lingkungannya.
3. Memberikan bimbingan belajar dirumah dan diluar rumah
Bunda sebagai orang tua merupak guru terbaik bagi anak,, oleh karena itu peran orang tua sebagai guru dirumah menjadi panutan yang paling mudah diterima oleh anak, seperti belajar berhitung, belajar membaca, mengenalkan bentuk, dan lain-lain, tetapi bunda dapat memcoba bantuan dari luar dengan cara bible privat dengan mendatangkan Guru pembimbing kerumah atau ktempat belajar khusus bagi anak kita, seperti bimbel dan semacamnya yang memiliki kemampuan untuk meningkatkan gairah belajar anak. 
4. Menerapkan disiplin
Menerapkan disiplin dalam kehidupan sehari hari, seperti makan sambil duduk,tidur pada waktunya,sholat, dan lain lain.
Orang tua dapat menerapkan kedisiplinan dengan memberitahukan etika dan norma kesopan didalam rumah, dengan bersikap marah yang mendidik, atau pun hukuman yang mendidik dan menghindari hukuman yang bersifat TRAUMA bagi anak. Dalam artian seorang anak mampu menerima bahwa perbuatannya tersebut memiliki efek yang tidak baik terhadap perkembangan kepribadiannya.
Dan yang terpenting orang tua harus memberikan sanjungan dan motivasi ketika anak memndapatkan prestasi, karena dapat membuat anak berkeinginan berprestasi kembali.

 5. Berdo'a kepada ALLAH SWT,
Sebagai orang tua harus selalu berdoa kepada Allah Jalla Jalalahu, agar memberikan kefakihan kepada anak kita, agar mendapat ilmu yang ber manfaat serta menjadi anak yang soleh dan soleha
sebagai bekal jariah orang tuanya kelak ..aminn
beberapa doaorang tua yang sesuai dengan Al Quran dan Hadis 


Doa Agar Anak Sholeh dan Sholehah


 اَللهم اجْعَلْ اَوْلَادِي مِنْ اَهْلِ الْعِلْمِ وَاَهْلِ الْخَيْرِ وَلَا تَجْعَلْهُمْ مِنْ اَهْلِ السُّوْءِ وَاَهْلِ الضَّيْرِ . اَللهم بَارِكْ لِي فِي ذُرِّيَّتِي وَاحْفَظْهُمْ وَلَاتَضُرَّهُمْ وَارْزُقْنِي بِرَّهُمْ اَللهم اَتِنِي رِضَاكَ فِي الدُّنْيَا وَالْاَخِرَةِ وَاخْتِمْ لَنَا بِالسَّعَادَةِ وَالشَهَادَةِ وَالْمَغْفِرَةِ

Artinya:Yaa Allah jadikan anak-anakku ahli ilmu dan ahli kebaikan dan jangan jadikan mereka ahli keburukan dan ahli madhorot .Yaa Allah berikanlah keberkahan pada keturunanku dan peliharalah mereka dan jangan timpakan keburukan kepada mereka dan karuniakan aku dengan kebaikan mereka. Yaa Allah berikan aku ridhomu di dunia dan dan di akherat dan akhirilah hidup kami dengan kebahagiaan dan bacaan syahadat dan ampunan.

Doa Agar Anak Bertakwa Kepada Allah SWT


رَبَّنَا هَبۡ لَنَا مِنۡ أَزۡوَٰجِنَا وَذُرِّيَّٰتِنَا قُرَّةَ أَعۡيُنٖ وَٱجۡعَلۡنَا لِلۡمُتَّقِينَ إِمَامًا

Robbana hablana min azwajina wa dzurriyyatina qurrota a’yun waj ‘alna lil muttaqiina imama
Artinya:Ya Tuhan kami, anugrahkanlah kepada kami isteri-isteri kami dan keturunan kami sebagai penyenang hati (kami), dan jadikanlah kami imam bagi orang-orang yang bertakwa" (Qs al-Furqon ayat 74)

Doa Orang Tua Mohon Kebaikan Untuk Anak-Anaknya


اَللّٰهُمَّ بَارِكْ لِيْ فِيْ أَوْلاَدِي وَاحْفَظْهُمْوَلَا تَضُرَّهُمْ وَارْزُقْنَا بِرَّهُمْ

Artinya: Ya Allah.. Berikan kebaikan yang banyak pada anak-anakku, jagalah mereka dan jangan kau celakakan mereka. Karuniakanlah kami ketaatan mereka..”

Doa Agar Anak Rajin Sholat


رَبِّ اجْعَلْنِي مُقِيمَ الصَّلَاةِ وَمِنْ ذُرِّيَّتِي ۚ رَبَّنَا وَتَقَبَّلْ دُعَاءِ

Artinya : Ya Tuhanku, jadikanlah aku dan anak cucuku orang-orang yang tetap mendirikan shalat, ya Tuhan kami, perkenankanlah doaku. (Surat Ibrahim Ayat 40)

Doa Agar Anak Cerdas dan Sukses


اَللَّهُمَّ اجْعَلْهُ صَحِيْحًا كَامِلاً وَعَاقِلًا حَاذِقًا وَعَالِمًا عَامِلًا

Allahummaj’alhu shohiihan kaamilan, wa ‘aqilan haadziqon, wa ‘aaliman ‘amilan

 do'a -do'a melalui video :


Tidak ada komentar:

Posting Komentar